follow me via twitter

Senin, 21 Mei 2012

KASIH IBU DAN ANAK


Tema                          : Kasih Ibu dan Anak
Pengkhotbah             : Pdt. Festus I. Gunawan
Nats Alkitab               : Efesus 6:1-4; Efesus 5:33

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:  supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Efesus 6:1-4)

Dalam bahasa Inggris ada tiga kata mengenai rumah: mansion, house, dan home. Keluarga atau rumah tangga bukan house tetapi home. Home sick artinya rindu kepada keluarga bukan kepada rumah. Suatu kali saya dan rombongan pelayanan mengunjungi sebuah panti asuhan di Sentul yang dikelola oleh seorang wanita yang berdisiplin tinggi dan berwibawa. Ketika memasuki lobi panti asuhan tersebut, ada tulisan “A house is made of walls and beams; a Home is built with Love and Dreams”, artinya “Sebuah rumah (house) terbuat dari dinding dan tiang; sebuah keluarga (home) dibangun dengan cinta dan mimpi”.
“Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. (Mazmur 127:1)”. Membangun sebuah rumah (house) lebih mudah daripada membangun sebuah keluarga (home).

Jika Tuhan menawarkan tiga pilihan di bawah ini, manakah yang anda pilih?
1.      Memiliki keluarga yang kaya
2.      Memiliki keluarga yang sukses
3.      Memiliki keluarga yang diisi dengan kasih
Kekayaan dan kesuksesan tidak bersifat kekal tetapi kasih akan terus-menerus (kekal). Dalam I Korintus 13:13 dikatakan “Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.” Mintalah kepada Tuhan untuk mengisi keluarga keluarga kita dengan kasih.

Dalam sebuah keluarga, peran seorang ibu sangat penting  dan luar biasa. Ayah biasanya tidak tahu barang kebutuhan sehari-hari sudah habis, tapi ibu pasti tahu. Ibu juga yang biasanya yang banyak berhubungan dengan anak-anak dan menyiapkan kebutuhan mereka. Saya memiliki kenangan yang manis tentang ibu saya. Pada suatu malam saya terbangun, saya melihat ibu saya masih bekerja menjahit baju. Lagu kasih ibu berkata demikian: “Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya, menyinari dunia.”

Anak-anak, hormatilah ibumu. Para suami, kasihilah isterimu.
Selamat hari Ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar